Rabu, 02 November 2016

TQM dan Six Sigma



Total quality manajement
Total quality manajement adalah sistem manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan dengan melibatkan seluruh bagian karyawan dalam proses peningkatan atau perbaikan berkelanjutan. Fokus utama pada TQM adalah pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan. Seluruh anggota harus berperan aktif dalam melakukan peningkatan proses,produk,layanan serta budaya sehingga menghasilkan kualitas terbaik. TQM adalah petunjuk umum yang digunakan untuk menjaga kualitas produk.
8 ciri TQM :
·         Fokus pada pelanggan
·         Keterlibatan karyawan
·         Pemusatanperhatian pada proses
·         Sistem yang terintegrasi
·         Pendekatan strategi dan sistematik
·         Peningkatan yang berkesinambungan
·         Keputusan berdasarkan fakta
·         Komunikasi

Six sigma
Six sigma adalah alat manajemen baru pengganti TQM yang terfokus pada pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Bertujuan untuk menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu dan menghilangkan biaya. Mengefisiensi suatu proses.Six sigma adalah strategi  untuk peningkatan kepuasan pelanggan yang mengikuti model formal dan digunakan bersamaan dengan diagram pareto dan histogram.
Aguscahyanto:pengertian six sigma dan implementasinya

Perbedaan TQM dan Six Sigma
Perbedaan keduanya terletak pada prosesnya, dimana TQM lebih menekankan pada penjagaan kualitas produksi sedangkan Six Sigma perubahan menyeluruh,tidak hanya kualitas saja.

sumber referensin : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar