Total quality manajement
Total quality manajement adalah sistem manajemen kualitas
yang berfokus pada pelanggan dengan melibatkan seluruh bagian karyawan dalam proses
peningkatan atau perbaikan berkelanjutan. Fokus utama pada TQM adalah pendekatan
manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui kepuasan
pelanggan. Seluruh anggota harus berperan aktif dalam melakukan peningkatan
proses,produk,layanan serta budaya sehingga menghasilkan kualitas terbaik. TQM
adalah petunjuk umum yang digunakan untuk menjaga kualitas produk.
8 ciri TQM :
·
Fokus pada pelanggan
·
Keterlibatan karyawan
·
Pemusatanperhatian pada proses
·
Sistem yang terintegrasi
·
Pendekatan strategi dan sistematik
·
Peningkatan yang berkesinambungan
·
Keputusan berdasarkan fakta
·
Komunikasi
Six sigma
Six sigma adalah alat manajemen baru pengganti TQM yang
terfokus pada pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan
secara keseluruhan. Bertujuan untuk menghilangkan cacat produksi, memangkas
waktu dan menghilangkan biaya. Mengefisiensi suatu proses.Six sigma adalah
strategi untuk peningkatan kepuasan
pelanggan yang mengikuti model formal dan digunakan bersamaan dengan diagram
pareto dan histogram.
Aguscahyanto:pengertian six sigma dan implementasinya
Perbedaan TQM dan Six Sigma
Perbedaan keduanya terletak pada prosesnya, dimana TQM lebih
menekankan pada penjagaan kualitas produksi sedangkan Six Sigma perubahan
menyeluruh,tidak hanya kualitas saja.
sumber referensin :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar